Pelatihan Rekayasa Teknologi Budidaya Perikanan

Pengetahuan tentang Perkembangan Teknologi Budidaya Perikanan sangat penting  bagi semua komponen yang terlibat dalam pengembangan usaha perikanan. Dalam hal Ini pembudidaya ikan sebagai pelaku utama sektor Perikanan budidaya harus selalu didukung untuk meningkatkan pengetahuan tentang pembudidayaan ikan, sehingga tercapai system budidaya yang efektif dan efisien. Selain pembudidaya ikan sebagai pelaku utama pembangunan perikanan, Para petugas dan pengambil kebijakan yang ada di Dinas/ Instansi terkait juga perlu mendapatkan pengetahuan mengenai perkembangan teknologi budidaya perikanan. Hal ini dimaksudkan supaya dengan pengetahuan mengenai teknologi-teknologi budidaya perikanan yang baru para pengambil kebijakan dapat mengarahkan dan merencanakan program dan kegiatan pembangunan perikanan secara lebih baik.

Dengan pemikiran ini maka  Bidang Perikanan Dinas Pertanian, Perikanan, dan kehutanan Kabupaten Sleman mengadakan kegiatan Pelatihan Rekayasa Budidaya Perikanan pada tanggal 10 s/d 14 Mei bertempat di BBPBAT (Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar) Sukabumi yang beralamat di Jl. Selabintana No.137 Sukabumi. Pelatihan ini diikuti oleh pegawai struktural di lingkup Dinas Pertanian, Perikanan dan, Kehutanan Kabupaten Sleman dengan jumlah peserta 15 orang dan 2 orang pendamping.
Pada pelatihan ini para peserta tampak antusias mengikuti materi-materi yang diberikan oleh pemateri dari BBPBAT. Hal ini kemungkinan juga disebabkan karena banyak diantara peserta yang masih awam terhadap teknologi budidaya perikanan. Antusiasme peserta ditandai dengan banyaknya lontaran pertanyaan baik pada saat di kelas maupun praktek dilapangan.
Materi Pelatihan kali ini berupa teknik budidaya dan perbenihan ikan-ikan konsumsi utama seperti; Lele, Patin, Nila, Mas, dan Gurami. Pada sesi pembenihan Lele para peserta belajar melakukan pembenihan secara buatan (induced breeding) . Selain pembenihan ikan, para peserta juga mendapat materi tentang pembuatan pakan alami yang berupa maggot (belatung) dari black soldier (lalat serangga bunga) yang merupakan pakan alternative terbaik saat ini karena pakan ini mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi.
Pada hari ke-3 Peserta berkesempatan melihat ikan hasil ujicoba dari BBPBAT Sukabumi di Waduk Cirata Jawa Barat. Ditempat ini peserta dapat membandingkan system pembudidayaan ikan di Sleman yang mayoritas berupa Kolam dan di Cirata yang menggunakan model KJA( Karamba Jaring Apung) (mono-kan)
 
Senin, 11 Oktober 2010 10:19:54




SUMBER : http://pertahanan.slemankab.go.id/index.php/berita-online/266-srdm

0 komentar:

Poskan Komentar

INILAH AKU

Foto Saya
JAWA TENGAH, Indonesia
simpel&sederhana

KELAUTAN

Diberdayakan oleh Blogger.